oleh

Suguhkan Minuman Kunyit Asem, Saat Ramai Virus Corona Di Resepsi Pernikahan

Nanggroe.net, Jakarta Penyebaran virus Corona (COVID-19) membuat masyarakat Indonesia meningkatkan kewaspadaan. Selain rutin membersihkan tangan dan olahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh pun menjadi langkah antisipasi agar terhindar dari virus Corona.

Dilansir dari Okezone.com, Resepsi pernikahan di Desa Kowang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ini menyajikan menu minuman kunyit asem untuk para tamu. Minuman ini sengaja disuguhkan di tengah ramainya kasus virus corona (Covid-19) di berbagai daerah di Indonesia.

“Kami niatnya memang menyajikan minuman sehat untuk para tamu,” kata Nikmatur Rahmah, mempelai wanita di lokasi resepsi, Minggu 15 Maret 2020.

Minuman kunyit asam yang tersedia lumayan banyak, cukup untuk ratusan tamu. Nikmah dan suaminya, Ahmad Nasiruddin, tak ketinggalan mencicipi minuman tersebut. Minuman kunyit asem ini warnanya kekuningan dengan rasa perpaduan manis dan asam.

Bagi warga Desa Kowang, sambung Nikmah, minuman kunyit asem bukan hal baru. Namun karena tamunya datang dari berbagai daerah, dia sekaligus ingin memperkenalkan minuman sehat ini ke mereka.

“Saya ingin sampaikan ke masyarakat, bahwa minuman tradisional seperti ini rasanya enak. Ini bagus juga untuk daya tahan tubuh. Mudah-mudahan aja, dengan rutin konsumsi minuman ini, kita bisa terhindar dari penyakit, termasuk virus Corona,” ujar Nikmah.

Dia mengakui, harga rempah seperti jahe dan kunyit mengalami kenaikan harga sejak ramai berita penyebaran virus Corona. Dia berharap pemerintah dapat mengantisipasi lonjakan harga hingga normal kembali.

Sementara itu, salah seorang tamu, Anggita, mengapresiasi tuan rumah terkait sajian minuman kunyit asam. Anggita yang asli Semarang ini, mengaku menyukai rasa minuman tersebut karena menyegarkan. Dia memilih mencicipi, setelah mendengar manfaat kunyit asam yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Baru sekali ini menghadiri resepsi, sajiannya ada minuman kunyit asam. Senang bisa mencicipi, karena kita memang harus jaga daya tahan tubuh di kondisi seperti sekarang,” akunya.

Virus Corona menjadi perhatian serius di seluruh dunia sejak beberapa bulan terakhir. Di Indonesia, warga yang positif terjangkit jumlahnya mencapai 117 kasus, dengan korban meninggal 5 orang dan 8 orang sembuh.

Komentar

News Feed