oleh

Ratusan Massa Mengelar Aksi di Depan Cluster III Blok B di Kecamatan Tanah Luas, Ini Tuntutan Mereka

Nanggroe.net, Aceh Utara | Ratusan massa yang berasal dari berbagai Ormas dan Lembaga Masyarakat di Aceh Utara yang tergabung dalam ‘Koalisi Ormas Peduli Block B’ mengelar aksi di depan Cluster III Block B, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara pada Selasa (17/11) siang.

Awalnya, massa aksi melakukan konvoi atau iring- iringan mengunakan mobil truck bak terbuka dari Simpang Landing menuju ke titik aksi, aksi ini pun turut di kawal ketat aparat kepolisian Resort Aceh Utara.

Dalam orasinya massa menilai selama ini PT. PHE Nsb telah gagal membangun komunikasi dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar, dimana perusahaan besar itu beroperasi, serta dari segi aspek lingkungan, kesejahteraan dan lapangan kerja pun tidak mampu diwujudkan bagi masyarakat sekitar Block B.

Oleh karena itu, massa ‘Koalisi Ormas Peduli Block B’ mendukung penuh jika Block B dialihkan kepada pemerintah Aceh yang di kelola oleh PT. PEMA.

Harapan nya agar kekayaan Gas Bumi yang terkandung dalam bumi tanah kelahiran mereka tersebut, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Aceh pada umum nya dan khusus nya Masyarakat sekitar Block B.

Adapun tuntutan masa aksi ‘Koalisi Ormas Peduli Block B’ menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Menyambut baik Keputusan pemerintah pusat Bahwa Tanggal 17 November 2020, pengelolaan Migas di bumi Aceh sepenuhnya dilimpahkan kepada pemerintah Aceh. Hal itu bedasarkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, PP 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan bersama Migas Aceh.
  2. Mendesak Pemerintah agar serius mengelola Migas Aceh dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Rakyat Aceh.
  3. Mendesak Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara segera duduk semeja memikirkan tentang pengelolaan Migas Block B.
  4. Koalisi Ormas Peduli Migas Block B juga akan mengawal proses dan langkah yang di tempuh para pihak dalam pengelolaan Migas Block B.
  5. Melibatkan Pemerintah Aceh Utara dalam pengelolaan Migas Block B.
  6. Wajib merekrut dan memanfaatkan pekerja lokal untuk pengelolaan Migas Aceh lainnya.
  7. Pemerintah Aceh wajib mendirikan diklat khusus Migas di Kabupaten Aceh Utara dalam waktu sesingkat singkat nya.
  8. Dana CSR Migas harus di implementasikan di daerah sekitar proyek Migas.

Komentar

News Feed