oleh

Petugas Temukan Jenazah WNI di Kapal Berbendera China

Nanggroe.net, Banda Aceh | Dua kapal ikan nelayan berbendera China yaitu Lu Huang Yuan YU 117 dan 118 ditangkap patroli gabungan di perairan Batu Cula, Selat Philip Belakang Padang, Kota Batam, Rabu (8/7).

Patroli gabungan yang terdiri dari Satpolairud Polres Karimun, Satreskrim Polres Karimun, Ditpolairud Polda Kepri, DJBC Kepri, Lanal Batam, KPLP, dan Bakamla Kepri, menemukan 21 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kedua kapal tersebut.

“Patroli gabungan melakukan pengejaran terhadap dua Kapal nelayan berbendera china yang memperkerjakan WNI tersebut sampai ke perairan singapura,” kata Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan dikutip dari Kutipan.co pada Kamis (9/7).

Baca Juga : Dalam Setahun China Berencana Bangun 6-8 Reaktor Nuklir

Lanjut Adenan, saat melakukan pemeriksaan, tim patroli menemukan jenazah seorang WNI yang disimpan didalam freezer di kapal tersebut.

“Jenazah tersebut atas nama Hasan Afriadi asal Lampung, dari keterangan rekan kerja ia diduga meninggal karena sakit paru-paru sejak 20 juni 2020 lalu, yang kemudian disimpan di freezer di kapal Lu Huang Yuan Yu 117,” Katanya.

Usai terbukti terdapat WNI yang meninggal dunia, kemudian patroli gabungan membawa kedua kapal china tersebut ke dermaga Lanal Batam.

“Kapal dapat dikuasai oleh Gabungan pengamanan laut, maka selanjutnya di sepakati kedua kapal china itu dibawa ke Dermaga Lanal Batam untuk penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Adenan.

Selanjutnya ke 2 (dua) Kapal beserta Crow dilakukan pengawasan oleh Gabungan pengamanan laut menuju ke Batam untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dan berikut nama-nama WNI di Kapal Lu Huang Yuan Yu 118

  1. Pahlawan Parningotan Sibuea asal Medan
  2. Deni Maulana asal Indramayu
  3. Rahmad Abidin asal Sukabumi
  4. Agus Setiawan asal Lampung
  5. Jonathan Witanto asal Tegal
  6. Durahim asal Cirebon
  7. Nana Suwarna asal Majalengka
  8. Zenrahman asal Medan
  9. Ali al Hamzah asal Tegal.

Artikel ini telah tayang di Kutipan.co dengan judul : Dua Kapal Berbendera China Diamankan Patroli Gabungan Didalamnya Ditemukan Jenazah

Komentar

News Feed