oleh

Lagi, Pasien Positif Corona di Aceh Bertambah 1, Total 5 Pasien, 1 Meninggal

Nanggroe.net, Banda Aceh, | Lagi, Satu warga Aceh yang sedang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 pada Minggu (29/3/2020).

Dengan hasil ini, sudah ada 5 orang warga Aceh yang terinfeksi Covid-19 dan 1 sudah meningal dunia.

Pasien kelima yang baru terdeteksi virus Corona ini seorang pria, berumur 22 tahun yang baru pulang bulan madu dari Malaysia.

Baca Juga: Untuk Korban Virus Corona, Pemerintah Aceh Siapkan Kuburan Masal

“Pasien baru pulang bulan madu dari Malaysia. Sampai di Banda Aceh tanggal 15 Maret 2020,” ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin, Sp.OT, K-Spine FICS yang kami kutip dari serambie

Hasil pemeriksaan swab-nya dikeluarkan oleh Balitbang Kemenkes RI dan baru diterima pihak RSUDZA Banda Aceh, Minggu sore.

Menurut Azharuddin, pasien muda tersebut masuk ke Ruang RICU RSUZA tanggal 22 Maret 2020 dengan keluhan batuk, demam, dan diare.

Selama di RSUZA, pasien sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium dan foto thoraks (dada) pada 22 Maret 2020. Juga, sudah dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan tanggal 23 Maret 2020.

Karena kondisi klinisnya membaik, pada 25 Maret 2020 pasien diperbolehkan pulang (berobat jalan/karantina rumah). Pasien ini berdomisili pada salah satu kecamatan di bagian utara Kabupaten Aceh Besar.

Empat hari kemudian, 29 Maret 2020 sore hasil pemeriksaan swab tenggorokannya keluar. Pihak Balitbang Kemenkes RI menyatakan pasien berusia 22 tahun itu positif corona.

Adapun istrinya kini berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan tidak menjalani rawat inap di RSUDZA.

Komentar

News Feed