oleh

Korut Klaim Kesehatan Kim Jong Un Sehat Walafiat, Ternyata!

Nanggroe.net, Jakarta | Pemimpin Korea Utara beberapa hari terakhir diisukan meninggal dunia setelah menjalani Kardiovaskular (Jantung). Namun, bantahan justru datang dari negara tetangganya, Korea Selatan membantah kabar bahwa petinggi Korut meninggal dunia.

“Posisi pemerintah kita tegas, Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia tinggal di daerah Wonsam sejak 13 April. Dan sejauh ini belum ada gerakan yang mencurigakan yang terdeteksi,” ujar penasihat kebijakan luar negeri utama presiden Korea Selatan Moon Jae-In, dilansir dari CNN Internasional Senin (27/4/2020).

Rumor presiden Korut muncul setelah Kim tidak menghadiri acara perayaan ulang tahun sang ayah, Kim Jong II dan kakek Kim II Sung pada 15 April lalu, yang menjadi hari penting juga menjadi hari libur nasional di Korut.

Baca Juga : Ma’ruf Amin Minta Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Ketidakhadiran Kim di acara tersebut juga memilik alasan tersendiri, tidak seperti yang diisukan belakangan ini. Namun setelahnya, CNN Internasional juga melaporkan bahwa intelijen As sedang memantau keadaan kim. “Ia dalam bahaya besar setelah operasi”, tegasnya. Menurut pejabat Amerika serikat lainnya bahwa keadaan kim sekarang sulit di konfirmasi.

Media Korut The Daily Nk yang berbasis Web di Seol yang biasanya mengumpulkan informasi dari informan Korut, secara terpisah juga melaporkan bahwa bahwa presiden kim menjalai “Prosedur bedah kardiovaskular (jantung)”. Dan sekarang ia mulai Pulih.

Baca Juga : China Ancam Boikot Australia Jika Lakukan Hal Ini!

Media The Daily Nk juga menuliskan jika Kesehatan Kim Jong Un memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Kegiatan merokok yang kuat, obesitas, dan juga terlalu banyak bekerja. Media The Daily Nk juga menambahkan bahwa Kim kini berada di sebuh villa di daerah resor gunung kumgang, Hyangsan pantai timur negeri itu.

Namun media Ini juga mengatakan masih sulit untuk memverifikasi laporan yang didapatnya dari seorang informan di Korut tersebut. Berita mengenai kesehatan pemimpin Korut sangat dijaga ketat dan salahsatu rahasia negara. Hal ini biasanya hanya diketahui segelintir orang dalam lingkaran kepemimpinan.

Negara Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang mengontrol ketat informasi apapun mengenai pemimpinnya. Ketidak hadiran media resmi pemerintah sering kali memicu spekulasi dan rumor tentang kondisi kesehatannya.

Pada sabtu (25/4) kemarin, salah satu Web yang berisi informasi tentang Korea Utara, yang menurut para peneliti gambar satelit tersebut menunjukkan sebuah kereta, ” yang mungkin milik Kim Jong Un”.

Kereta tersebut juga terlihat di parkir disebuah stasiun kereta api yang ada di komplek mewah Wonsam milik Presiden Kim yang terletak dipantai timur negara tersebut.

Kompleks Wonsam adalah tempat rekreasi dengan fasilitas sembilan wisma besar, puasat rekreasi, bangunan besar, pelabuhan yang dilindungi, lapangan tembak, gedung rekreasi, dermaga tertutup, dan juga landasan pacu kecil menunggang kuda untuk menyalurkan hobi Kim.

Daerah tepi pantai timur negara tersebut juga menjadi tempat kim menghabiskan musim panas saat ia masih kanak-kanak. Hingga saat ini, ia masih sering berpergian dengan pesawat atau berkendaraan ke Wonsam.

Penulis : Eri Ezi
Editor : Muhammad Irfan

Komentar

News Feed