oleh

Angka Pernikahan Di Aceh Meningkat, Aceh Utara Topskor Sumbang Pasangan Terbanyak

Nanggroe.net, Banda Aceh | Pernikahan merupakan moment spesial dimana dua Insan bersatu dalam bahtera rumah tangga yang bahagia, begitu juga di Provinsi Aceh angka pernikahan tiap tahun terus mengalami peningkatan.

Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh merilis angka pernikahan, di setiap tahunnya pasangan di Aceh yang melangsungkan pernikahan mencapai 45.629, dan Aceh Utara topskor sumbang pasangan terbanyak sekitar 3.800 pasangan tiap bulannya.

“Angka pernikahan di Aceh selalu meningkat tiap tahun. Untuk tahun 2019 saja ada 45.629 pasang yang menikah. Topskornya, Kabupaten Aceh Utara. Neukira ju, rata-rata setiap bulan ada 3.800 pasangan yang menikah di Aceh Meunan!” Rilis Kemenag di laman resmi Instagram.

Namun, Kemenag mengungkapkan bulan Mei pernikahan di Aceh tidak banyak yang melangsungkan pernikahan, hal ini disebutkan karena bulan Mei masuk dalam bulan puasa.

“Rata-rata, bukan semua ya. Karena, yang menikah di bulan Mei tidak sampai seribu pasang. Mungkin karena bulan puasa ya, nyan pih ka jai”. Sebutnya.

Pasangan di Aceh sendiri banyak yang melangsungkan pernikan di Kantor Urusan Agama ketimbang di rumah, mesjid dan ditempat lain, selain Gratis juga alat kelengkapan pernikahan di sediakan oleh pemerintah

“Btw, hampir 67.7 persen dari 45 ribu lebih ini lebih senang menikah di Kantor Urusan Agama. Gratis! Sisanya, ada yang menikah di rumah, masjid, di mana-mana.”, Ujarnya

“Jadi, buat sunbae yang udah siap ke pelaminan, waktu dan tempat dipersilahkan. Hana payah preh lheuh haji Jangan tunggu lama-lama, nanti lama-lama diambil orang”, Canda Kemenag

Komentar

News Feed