oleh

KKN Covid-19 Unimal Lintas Provinsi, Dari Bagi Ratusan Masker Hingga Racik Hand Santinizer

Nanggroe.net, Aceh Utara | Fenomena pandemi Covid-19 menjadikan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Malikussaleh (Unimal) mengalami proses yang sedikit berbeda.

Kali ini pelaksanaan KKN memiliki 10 skema yang bisa dipilih salah satunya oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh yang ingin mengikutinya.

Diantaranya KKN Covid-19, menjadi salah satu pengabdian yang banyak dilakukan oleh mahasiswa Unimal. KKN Covid-19 tidak hanya terkhusus di Provinsi Aceh melainkan di seluruh penjuru lintas Provinsi dimana asal kampung halaman masing masing mahasiswa.

Seperti halnya dilakukan oleh mahasiswa Unimal di provinsi Sumatera Utara, yakni di Kabupaten Batu bara dan Kabupaten Asahan melakukan kegiatan pengabdian KKN Covid-19 yang salah satu tujuannya untuk memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut yang melanda dunia termasuk Indonesia selama ini.

KKN Covid-19 ini dilakukan Kelompok 109 atas nama Yoga, Kiki, Fikri, Aisyah dan Fitri mereka turut serta membantu satuan gugus tugas (Satgas) penanganan Covid-19, pendataan, pembagian ratusan masker, sampai peracikan hand sanitizer yang akan di berikan untuk masyarakat sekitar Kabupaten Asahan.

Tak jauh dari Kabupaten Asahan, mahasiswa yang mengabdi di Kabupaten Batu bara, Cristin Oktaviana Tampubolon (P114) juga turut terjun dalam memberikan masker dan membantu TNI-Polri dalam membuat saluran tempat cuci tangan.

Program yang ada pun tidak hanya sekedar membantu satgas penanganan Covid-19 serta meracik hand sanitizer tetapi akan disesuaikan dengan apa yang bisa dijadikan program pengabdian oleh mahasiswa di Kabupaten tersebut.

Dalam pelaksanaan KKN Covid-19 di Kabupaten Batubara dan Asahan dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Hadi Iskandar S.H, M.H. yang mana turut membimbing serta mengarahkan mahasiswa terhadap program-program yang dilakukan di masing-masing Kabupaten yang ada.

Menurut nya, mahasiswa perlu saling bahu membahu, bersinergi dan bermitra, juga kegiatan yang akan di lakukan terstruktur, target luaran jelas, berkelanjutan, tuntas dan bernilai.

Dalam keterangan nya, Dosen DPL KKN kedua kelompok tersebut mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh adalah bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Pada Masayarakat.

“KKN yang diambil oleh mahasiswa ini adalah KKN Dengan skema KKN Covid-19, Dimana mereka dapat membantu pemerintah dalam rangka edukasi terhadap bahayanya Virus tersebut, ikut mensosialisasikan hidup bersih, dan ikut membantu menyalurkan masker, sembako pada masyarakat,” kata Hadi Iskandar Kepada Nanggroe.net, Jum’at (8/5).

“Dan mereka juga wajib untuk mengikuti dan mematuhi Protokoler kesehatan Covid-19, demi keselamatan dan kesehatan mereka juga. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan di lokasi tersebut,” tutupnya.

Laporan : Muhammad Adam

Komentar

News Feed