oleh

Perompak Culik 6 ABK Termasuk 3 WNI di Perairan Afrika Barat

Nanggroe.net, Jakarta | Sejumlah perompak didekat perairan Gabon, Afrika Barat, menyerang dua kapal pencari ikan dan menculik enam anak buah kapal (ABK) yang berada didalam kapal. Sedikitnya terdapat tiga warga negara Indonesia (WNI) diantara ABK ynag diculik tersebut.

Tindakan penyerangan dan penculikan ABK ini dilaporkan oleh seorang sumber yang dekat dengan pemerintah Gabon. Penyerangan terhadapa kapal pencari ikan ini terjadi pada hari Minggu (3/5) waktu setempat seperti yang dilansir oleh AFP, selasa (5/5).

“Para perompak ini menculik tiga warga negara Indonesia, dua warga Senegal, dan seorang warga Korea Selatan,” ujar sumber tersebut.

Baca Juga : Militer Korut dan Korsel Baku Tembak di Perbatasan DMZ, Ini Kronologinya

Dari kementerian Pertahanan Gabon sendiri belum memberikan komentar atas peristiwa tersebut.

Diketahui serangan yang dilakukan perompak itu merupakan kali kedua terjadi di lepas pantai Gabon sejak awal tahun ini. Pada bulan Desember 2019, sekelompok perompak menyerang beberapa kapal dekat perairan Libreville dan munculik empat ABK kapal asal China dan juga membunuh seorang nahkoda kapal asal Gabon.

Teluk Guinea yang membentang sepanjang 5.700 KM dari arah Senegal hingga Angola, menjadi pusat dari serangan perompak baru. Banyak dari perompak tersebut melakukan penjarahan dan penculikan demi mendapatkan uang tembusan.

Pada bulan April lalu, sekelompok perompak menyerang sebuah kapal kontiner dilepas pantai Benin, Afrika Barat. Dan dilaporkan delapan ABK dikapal tersebut menghilang.

Komentar

News Feed