oleh

Pemilihan Geuchik Gampong Blang Gunci Dapat Hadiah

Nanggroe.net, Aceh Utara |Pemilihan Geuchik Gampong Blang Gunci Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara periode 2020-2026 berlangsung tertib dan meriah. (19/3/20)

Dalam pemilihan tersebut di ikuti oleh tiga kandidat Calon Geuchik dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 322 jiwa, yaitu Rusli AB dengan perolehan 45 suara, Saifannur dengan perolehan 39 suara dan Samsul Kamal dengan perolehan suara tertinggi yaitu 199 suara.

“Kami Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) menyediakan 50 unit hadiah bagi siapa saja yang datang ke TPS untuk memberikan suaranya sebelum pukul 14.00 wib.

Pemenang Perlombaan Pemilihan Geucik Di Gampong Blang Gunci. Foto: Hamit/NN

Tujuan kami supaya masyarakat tertarik untuk TPS, karena selain memberikan hak pilihnya, juga mendapatkan hadiah melalui nomor undian yang sebelumnya sudah disiapkan panitia”, lanjut ketua Panitia

Hadiah yang kami sediakan mulai dari Kompor Gas, kosmos, kipas angin, handphone, jam, baju, buku sekolah dll. Hasil yang kami dapatkan sangat memuaskan, artinya ada peningkatan jumlah masyarakat yang hadir ke TPS yang mencapai 88 persen, selebihnya berada diluar daerah atau perantaun.

Ide kreatif ini awalnya muncul dari pemberitaan media dimana ada beberapa daerah lain di Aceh akhir-akhir ini saat pemilihan geuchik mulai menggunakan pola undian berhadiah (door prize) untuk menarik minat dan antusiasme warga.

Disamping kegiatan ini dapat menghibur, ternyata juga mengandung unsur pendidikan politik agar warga tidak golput, sehingga dapat menstimulasi partisipasi politik yg luar biasa.

Harapan kami kegiatan seperti ini dapat menginspirasi daerah-daerah lain agar kesadaran politik masyarakat semakin bertumbuh, terutama saat pilkada, pileg maupun pilpres nantinya.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena selain meriah juga dapat mengurangi angka golput, kehadiran masyarakat untuk memberikan hak suaranya yang hampir mencapai 90 persen merupakan kinerja dan dukungan masyarakat yang luar biasa.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjaga ketertiban, sehingga pemilihan geuchik ini berjalan dengan tertip, aman, dan sesuai dengan yang kita harapkan, ujar Plt. Geuchik Gampong Blang Gunci T. Bukhari

Komentar

News Feed