oleh

Peserta Tes SKD CPNS Bawa Jimat Untuk Penolong Lulus Ujian, Dari Kain Kafan Sampai Katapel

Jakarta, Nanggroe.net | Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi primadona bagi banyaknya warga negara Indonesia, berbagai macam alasan mulai dari tunjangan yang tinggi, tidak ada PHK, sampai menjadi menantu Idaman.

Tidak mudah untuk mendapatkan label PNS, Para peserta harus memalui beberapa tahap seleksi yang super ketat untuk bisa lolos. Para peserta harus menyiapkan matang seperti belajar dan kursus harus dilakukan. Saat ini sedang berlangsung tes Seleksi Kompetensi Daerah (SKD) dilaksanakan oleh masing-masing kordinator lapangan panitia daerah CPNS.

Anehnya, Di era modern ini yang sudah serba canggih rupanya banyak dari para Peserta Tes CPNS yang menyakini dengan namanya klenik. Ya.. benda bernama jimat yang diyakini para peserta dapat membawa keberuntungan dalam menjawab soal ujian pada saat mengikuti tes SKD.

Dilansir dari akun resmi Twitter Badan Pegawai Pegawai Negara (BKN) pada Jum’at (07/02), peserta CPNS kedapatan membawa jimat. Dalam postingan tersebut membawa mirip kain kafan Dengan dibuat menyerupai kalung

“Aih.. aih… masih ada aja ya yg percaya sama jimat. Sedih hati mimin kalau tahu ada Peserta SKD #CPNS2019 yang nggak percaya begini, Yuk persipakan diri dengan baik, yakin dan percaya pada kemampuan diri. Kamu Pasti Bisa!!!” Cuitnya BKN pada Rabu (05/02).

Kemudian, para peserta asal Kabupaten Tegal kedapatan membawa jimat pada tes SKD. Dalam foto tersebut membawa berupa uang logam yang dibungkus kertas dan kayu yang menyerupai katapel.

“Ada dua peserta dari tegal dari tegal ketahuan memakai jimat pas body chek memakai metal detektor”. Seperti kami kutip di tagar.id

Selanjutnya, di lansir dari Lentera Inspiratif puluhan jimat ditemukan pada saat tes ujian SKD di CPNS Kemenkumhan Surabaya, dalam temuannya puluhan jimat disita oleh petugas, dengan alasan untuk mempermudah mengerjakan soal pada saat tes, mereka berharap tuah jadi jimat yang mereka bawa hingga bisa lulus ujian.

“Mungkin maksudnya ini usaha biar lulus, tapi sebaiknya tidak usah dibawa masuk kareta tidak sesuai ketentuan”. Kata Kordinator Lapangan Panitia Daerah Seleksi CPNS Kemenkumham Jatim, ketut Akbar dalam keteranggan, Kamis (06/02)

Sebelumnya, BKN menyampaikan telah menyiapkan alat pedeteksi logam maupun benda asing termasuk jimat untuk memeriksa para peserta CPNS, hal ini demi mengantisipasi kecurangan yang terjadi sebelum tes mengikuti tes SKD.

Komentar

News Feed